1.
ALASAN
MEMILIH SUBJEK EKONOMI DAN BISNIS
Jawab : Karena kami ingin mengetahui lebih banyak
lagi tentang perkembangan bisnis yang ada di Indonesia dimana keberadaan suatu
bisnis sangat penting bagi perkembangan suatu organisasi maupun masyarakat yang
menjalani bisnis tersebut dan bisnis juga dapat meningkatkan kemakmuran dan
nilai profit bagi seseorang yang menjalankan bisnis tersebut.
2. LINK BISNIS DAN DESKRIPSINYA
PENGERTIAN
BISNIS
di dalam ilmu perekonomian, bisnis merupakan
termasuk organisasi penjual untuk menjual barang atau menawarkan jasa pada para
konsumen atau kegiatan berbisnis lainnya, yang berupaya memperoleh laba.
Dilihat dari segi etomologi bisnis merupakan keadaan seseorang atau kelompok
orang yang sedang sibuk melakukan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
PENGERTIAN BISNIS MENURUT PARA AHLI
1. Brown
dan petterello (1976)
Bisnis adalah sebuah lembaga yang
menghasilkan jasa dan barang yang sedang di perlukan oleh masyarakat.
2. Steinford
(1979)
Bisnisa adalah sebuah lembaga yang
menghasilkan jasa dan barang yang sedang diperlukan oleh masyarakat.
3. Huat
t, Chew
Bisnis didalam arti yang luas adalah istilah
bersifat umum yang menunjukkan semua institusi dan kegiatan yang memproduksi
jasa dan barang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.
4. Mussellman
dan Jackson
Bisnis merupakan jumlah keseluruhan aktivitas
yang di organisir oleh orang yang sedang berkecimpung di dalam bidang industry
dan perniagaan yang menyediakan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan dalam
kehidupan.
JENIS JENIS PERUSAHAAN DOMESTIK
1. Perusahaan Domestik / Lokal
Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas negara.Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.
2. Perusahaan Internasional
Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.
3. Perusahaan Multinasional
Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda.Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen akhir.
4. Perusahaan Global
Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi).Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.
Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas negara.Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.
2. Perusahaan Internasional
Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.
3. Perusahaan Multinasional
Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda.Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen akhir.
4. Perusahaan Global
Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi).Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.
bisnis online adalah bisnis yang dijalankan
secara online biasanya mengunakan jaringan internet sedangkan informasi yang
disampaikan atau di jual biasanya menggunakan website. Bisnis inline memiliki
prospek yang cukup besar pada saat ini dan masa yang akan datang dimana hamper
semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi
kebutuhan.
KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi
bisnis adalah
pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan
tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol
atau sinyal.
Dalam
komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
·
Memiliki tujuan,
artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.[butuh rujukan]
·
Pertukaran, dalam hal
ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.[butuh rujukan]
·
Gagasan, opini,
informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung
tujuan, situasi, dan kondisinya.[butuh rujukan]
·
Menggunakan saluran
personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media
tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.[butuh rujukan]
·
Menggunakan simbol
atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami
oleh penerima untuk menyampaikan pesan.[butuh rujukan]
·
Pencapaian tujuan
organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga
formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
oleh manajemen.[butuh rujukan]*
PELUANG BISNIS BIRO JASA DI KOTA ANDA
Bila
saat ini Anda sudah berkiprah di bisnis biro jasa, dan ingin meningkatkan
penghasilan Anda atau melebarkan sayap usaha Anda di kota-kota lain, Anda dapat
mengambil peluang ini.
Secara
singkat, untuk mengembangkan bisnis Anda kami akan menaruh nomor telepon
perusahaan Anda pada halaman yang berkaitan dengan perizinan perusahaan di
situs ini: mendirikan perusahaan, mendirikan yayasan, syarat pendirian PT, izin usaha, perseroan terbatas dan
pada halam-halaman lain.
Sebagai bahan pertimbangan bagi
Anda, pertama, situs ini banyak membahas bisnis secara umum termasuk
perizinan usaha.
Mulai
dari mendirikan perusahaan, mendirikan yayasan, memperpanjang SIUP, TDP,
mengurus perizinan penanaman modal asing (PMA), dan bidang-bidang lain yang
berkaitan dengan bisnis atau industri secara umum.
MEMBUAT WEBSITE BISNIS
CARA Berikut ini sedikitnya diperbolehkan
memberikan input bagi engkau yang akan Membuat Weblog Kerja :
·
About/Tentang:
Menjelaskan secara singkat berkaitan dengan porfil perusahaan
·
Produk: Menjelaskan
produk-produk yang dihasilkan suatu perusahaan.
·
Kontak: Memberikan
penjelasan berkaitan dengan bagaimana serta kepada siapa gerangan si kandidat
atau customer diperbolehkan berkomunikasi dengan perusahaan.
·
FAQ: Menjelaskan
beberapa pertanyaan serta jawaban yang sering ditanyakan oleh customer. Ini
penting supaya pemilik perusahaan nggak berulang-ulang menjelaskan hal yang
sama kepada kandidat atau customer.
·
Cara order/Pemesanan:
Memberikan penjelasan bagaimana cara kandidat atau customer buat melakukan
pemesanan.
·
Gallery: Mengandung
gambar/foto-foto yang berkaitan dengan perusahaan atau kegiatan perusahaan.
·
Katolog: Umpama engkau
punya katalog dalam design dokumen pdf maka engkau diperbolehkan memberikan
link download di menu katalog ini.
·
Blog: Mengandung
berita-berita yang berakaitan dengan jalannya perusahaan, promo serta
berita-berita terbaru berkaitan dengan dengan perusahaan.
ETIKA
DALAM BISNIS
Etika
bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan
dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu
perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan
dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang
saham, masyarakat.
Tiga
pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu :
·
Utilitarian
Approach : setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh
karena itu, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat
memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak
membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
·
Individual Rights
Approach : setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar
yang harus dihormati. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus
dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak
orang lain.
·
Justice
Approach : para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan
bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara
perseorangan ataupun secara kelompok.
BISNIS AFILASI
Bisnis afilasi adalah salah satu bisnis
online yang banyak digemari karena relative mudah dan tidak butuh banyak modal.
Pada dasarnya bisnis ini adalah penjualan berbasis komisi .ketikaanda berhasil
menjual , anda mendapatkan uang Namun Anda tak perlu mengkhawatirkan mengenai stok produk,
pengepakan, pengiriman, dll. Hal ini dimungkinkan karena perusahaan yang
memberikan kesempatan untuk afiliasi yang mengurusi itu semua, tugas Anda
adalah memasarkan produk-produk/layanannya.
INVENTASI
DALAM BISNIS
Investasi merupakan
suatu kegiatan penempatan dana pada aset produktif dengan harapan mendapatkan
pertumbuhan modal ( capital growth ) dalam jangka waktu tertentu. Pada dasarnya
investasi secara konvensional dapat diartikan sebagai suatu kegiatan bisnis
yang pasif. Berinvestasi
adalah salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan setiap
BISNIS INVENTASI SAHAM
Saham adalah surat berharga yang
menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jika anda membeli saham
berarti anda membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut.Dan anda
berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, jika perusahaan
mebukukan keuntungan.Anda juga bisa mengambil keuntungan dari naiknya harga
saham tersebut dari waktu ke waktu.
PERKEMBANGAN BISNIS DALAM SYARIAH
Perkembangan bisnis syariah harus diakui
mengalami perkembangan yang pesat, bisnis dengan menggunakan label syariah ini
menjadi trend yang cukup menggoda. Banyak ragam bisnis yang saat ini
diberi label syariah. Perbankan syariah mungkin dapat kita sebut sebagai
pionirnya, disusul kemudian industri yang bergerak di sektor jasa keuangan
lainnya, ada koperasi jasa keuangan syariah (KJKS), asuransi syariah, pegadaian
syariah, obligasi syariah dan sebagainya.
NEGOISASI DALAM BISNIS
Defenisi negosiasi secara formal dapat
diartikan sebagai suatu bentuk pertemuan bisnis antara dua pihak atau lebih
untuk mencapai suatu kesepakatan bisnis.Nagosiasi merupakan perundingan antara
dua pihak dimana didalamnya terdapat proses memberi, mnerima, dan tawar
menawar. Selain itu negosiasi juga merupakan ijab Kabul dalam sebuah proses
interaksi yang dilakukan oleh kedua belah pihak untuk saling memberi dan
menerima atas sesuatu yang ditentukan dengan kesepakatan bersama.
WIRAUSAHA
Wirausaha merupakan seorang pembuat keputusan yang membantu
terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas.Pada berbagai industri,
wirausaha membantu perekonomian dengan menyediakan pekerjaan dan memproduksi
barang dan jasa bagi konsumen di dalam negeri maupun luar negeri.Pada umumnya
wirausaha menghasilkan sesuatu yang baru yang belum pernah ditemukan.Sebagai
contoh Akio Morita pendiri Sony, yang melihat bahwa produk yang dihasilkan
dapat diadaptasi untuk menciptakan produk baru yaitu walkman seperti yang kita kenal saat ini.
Henry Ford tidak menemukan mobil jenis baru, namun ia menerapkan teknik
pembagian tugas pada produksi mobil dengan cara baru, yaitu lini perakitan.
BISNIS WARALABA
Bisnis waralaba adalah perikatan dimana
salah satu pihak diberikan hak untuk memamfaatkan dan atau menggunakan ha katas
kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki oleh
pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam
rangka menyediakan dan atau penjualan barang dan jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar