Rabu, 04 November 2015

Layanan Referensi " Ekonomi dan Bisnis "



1.   ALASAN MEMILIH SUBJEK EKONOMI DAN BISNIS

Jawab  : Karena kami ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang perkembangan bisnis yang ada di Indonesia dimana keberadaan suatu bisnis sangat penting bagi perkembangan suatu organisasi maupun masyarakat yang menjalani bisnis tersebut dan bisnis juga dapat meningkatkan kemakmuran dan nilai profit bagi seseorang yang menjalankan bisnis tersebut.


2.   LINK BISNIS DAN DESKRIPSINYA

PENGERTIAN BISNIS
di dalam ilmu perekonomian, bisnis merupakan termasuk organisasi penjual untuk menjual barang atau menawarkan jasa pada para konsumen atau kegiatan berbisnis lainnya, yang berupaya memperoleh laba. Dilihat dari segi etomologi bisnis merupakan keadaan seseorang atau kelompok orang yang sedang sibuk melakukan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.


PENGERTIAN BISNIS MENURUT PARA AHLI
1.      Brown dan petterello (1976)
Bisnis adalah sebuah lembaga yang menghasilkan jasa dan barang yang sedang di perlukan oleh masyarakat.
2.      Steinford (1979)
Bisnisa adalah sebuah lembaga yang menghasilkan jasa dan barang yang sedang diperlukan oleh masyarakat.
3.      Huat t, Chew
Bisnis didalam arti yang luas adalah istilah bersifat umum yang menunjukkan semua institusi dan kegiatan yang memproduksi jasa dan barang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.
4.      Mussellman dan Jackson
Bisnis merupakan jumlah keseluruhan aktivitas yang di organisir oleh orang yang sedang berkecimpung di dalam bidang industry dan perniagaan yang menyediakan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan.

JENIS JENIS PERUSAHAAN DOMESTIK

1. Perusahaan Domestik / Lokal

Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas negara.Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.

2. Perusahaan Internasional

Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.

3. Perusahaan Multinasional

Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda.Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen akhir.

4. Perusahaan Global

Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi).Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.
bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online biasanya mengunakan jaringan internet sedangkan informasi yang disampaikan atau di jual biasanya menggunakan website. Bisnis inline memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan masa yang akan datang dimana hamper semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan.
KOMUNIKASI BISNIS

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.
Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
·         Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.[butuh rujukan]
·    Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.[butuh rujukan]
·    Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.[butuh rujukan]
·    Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.[butuh rujukan]
·    Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.[butuh rujukan]
·    Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.[butuh rujukan]*
PELUANG BISNIS BIRO JASA DI KOTA ANDA
Bila saat ini Anda sudah berkiprah di bisnis biro jasa, dan ingin meningkatkan penghasilan Anda atau melebarkan sayap usaha Anda di kota-kota lain, Anda dapat mengambil peluang ini.
Secara singkat, untuk mengembangkan bisnis Anda kami akan menaruh nomor telepon perusahaan Anda pada halaman yang berkaitan dengan perizinan perusahaan di situs ini: mendirikan perusahaanmendirikan yayasansyarat pendirian PT, izin usahaperseroan terbatas dan pada halam-halaman lain. 
Sebagai bahan pertimbangan bagi Anda, pertama, situs ini banyak membahas bisnis secara umum termasuk perizinan usaha.
Mulai dari mendirikan perusahaan, mendirikan yayasan, memperpanjang SIUP, TDP, mengurus perizinan penanaman modal asing (PMA), dan bidang-bidang lain yang berkaitan dengan bisnis atau industri secara umum.

MEMBUAT WEBSITE BISNIS
CARA Berikut ini sedikitnya diperbolehkan memberikan input bagi engkau yang akan Membuat Weblog Kerja :
·         About/Tentang: Menjelaskan secara singkat berkaitan dengan porfil perusahaan
·         Produk: Menjelaskan produk-produk yang dihasilkan suatu perusahaan.
·         Kontak: Memberikan penjelasan berkaitan dengan bagaimana serta kepada siapa gerangan si kandidat atau customer diperbolehkan berkomunikasi dengan perusahaan.
·         FAQ: Menjelaskan beberapa pertanyaan serta jawaban yang sering ditanyakan oleh customer. Ini penting supaya pemilik perusahaan nggak berulang-ulang menjelaskan hal yang sama kepada kandidat atau customer.
·         Cara order/Pemesanan: Memberikan penjelasan bagaimana cara kandidat atau customer buat melakukan pemesanan.
·         Gallery: Mengandung gambar/foto-foto yang berkaitan dengan perusahaan atau kegiatan perusahaan.
·         Katolog: Umpama engkau punya katalog dalam design dokumen pdf maka engkau diperbolehkan memberikan link download di menu katalog ini.
·         Blog: Mengandung berita-berita yang berakaitan dengan jalannya perusahaan, promo serta berita-berita terbaru berkaitan dengan dengan perusahaan.

ETIKA DALAM BISNIS

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
Tiga pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu :
·         Utilitarian Approach : setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
·        Individual Rights Approach : setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak orang lain.
·        Justice Approach : para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.


BISNIS AFILASI
Bisnis afilasi adalah salah satu bisnis online yang banyak digemari karena relative mudah dan tidak butuh banyak modal. Pada dasarnya bisnis ini adalah penjualan berbasis komisi .ketikaanda berhasil menjual , anda mendapatkan uang Namun Anda tak perlu mengkhawatirkan mengenai stok produk, pengepakan, pengiriman, dll. Hal ini dimungkinkan karena perusahaan yang memberikan kesempatan untuk afiliasi yang mengurusi itu semua, tugas Anda adalah memasarkan produk-produk/layanannya.

INVENTASI DALAM BISNIS
Investasi merupakan suatu kegiatan penempatan dana pada aset produktif dengan harapan mendapatkan pertumbuhan modal ( capital growth ) dalam jangka waktu tertentu. Pada dasarnya investasi secara konvensional dapat diartikan sebagai suatu kegiatan bisnis yang pasif. Berinvestasi adalah salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan setiap

BISNIS INVENTASI SAHAM
Saham  adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jika anda membeli saham berarti anda membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut.Dan anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, jika perusahaan mebukukan keuntungan.Anda juga bisa mengambil keuntungan dari naiknya harga saham tersebut dari waktu ke waktu.

PERKEMBANGAN BISNIS DALAM SYARIAH
Perkembangan bisnis syariah harus diakui mengalami perkembangan yang pesat, bisnis dengan menggunakan label syariah ini menjadi trend  yang cukup menggoda. Banyak ragam bisnis yang saat ini diberi label syariah. Perbankan syariah mungkin dapat kita sebut sebagai pionirnya, disusul kemudian industri yang bergerak di sektor jasa keuangan lainnya, ada koperasi jasa keuangan syariah (KJKS), asuransi syariah, pegadaian syariah, obligasi syariah dan sebagainya.

NEGOISASI DALAM BISNIS
Defenisi negosiasi secara formal dapat diartikan sebagai suatu bentuk pertemuan bisnis antara dua pihak atau lebih untuk mencapai suatu kesepakatan bisnis.Nagosiasi merupakan perundingan antara dua pihak dimana didalamnya terdapat proses memberi, mnerima, dan tawar menawar. Selain itu negosiasi juga merupakan ijab Kabul dalam sebuah proses interaksi yang dilakukan oleh kedua belah pihak untuk saling memberi dan menerima atas sesuatu yang ditentukan dengan kesepakatan bersama.

WIRAUSAHA
Wirausaha merupakan seorang pembuat keputusan yang membantu terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas.Pada berbagai industri, wirausaha membantu perekonomian dengan menyediakan pekerjaan dan memproduksi barang dan jasa bagi konsumen di dalam negeri maupun luar negeri.Pada umumnya wirausaha menghasilkan sesuatu yang baru yang belum pernah ditemukan.Sebagai contoh Akio Morita pendiri Sony, yang melihat bahwa produk yang dihasilkan dapat diadaptasi untuk menciptakan produk baru yaitu walkman seperti yang kita kenal saat ini. Henry Ford tidak menemukan mobil jenis baru, namun ia menerapkan teknik pembagian tugas pada produksi mobil dengan cara baru, yaitu lini perakitan.
BISNIS WARALABA
Bisnis waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memamfaatkan dan atau menggunakan ha katas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka menyediakan dan atau penjualan barang dan jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar